Uji Kolaborasi Penetapan Kadar Asam Salisilat Dalam Obat Kuasi Balai POM di Kendari 2023

18-09-2023 Umum Dilihat 155 kali

Kota Kendari - Badan POM sebagai Regulasi Pemerintah dalam pengawasan obat dan makanan dan menjamin keamanan dan mutu obat dan makanan yang beredar, dengan makin berkembangnya teknologi dan zat aktif atau tambahan yang digunakan dalam produksi obat dan makanan sehingga Badan POM juga harus dapat mengembangkan metode uji dalam pengawasan produk tersebut.

Dalam hal ini PPPOMN sebagai back bone dari Badan POM melakukan pengembangan pengembangan metode Analisa untuk pengujian bahan yang dikandung oleh obat dan makanan yang beredar. PPPOMN dalam pengembangan metode Analisa melakukan uji kolaborasi dengan semua unit kerja Balai Besar/Balai POM seluruh Indonesia, untuk memastikan bahwa metode Analisa yang dikembangkan memberikan hasil dalam rentang yang sama.

Laboratorium Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Obat Kuasi di Balai POM di Kendari ikut berpartisipasi dalam Uji Kolaborasi Penetapan Kadar Asam Salisilat dalam Obat Kuasi secara Kromatografi Cair Kinerja Tinggi pada tanggal 4 s/d 15 September 2023, hal ini juga sebagai salah satu cara untuk mengetahui unjuk kerja Laboratorium dengan cara pembandingan antar laboratorium, untuk memastikan kemampuan laboratorium baik dari sisi Peralatan, Kompetensi Sumber Daya maupun metode pengujian yang digunakan dalam menguji sampel senantiasa akurat dan validitas hasil uji dapat dipertanggungjawabkan. (GW)

Sarana