Pengawalan Keamanan Pangan Jajanan Takjil, BPOM di Kendari Lakukan KIE

15-03-2024 Umum Dilihat 84 kali

Pengawalan Keamanan Pangan Takjil, BPOM Lakukan KIE Melalui Intensinfikasi Pengawasan Pangan 

Dalam rangka memastikan makanan jajanan takjil aman untuk dikomsumsi oleh masyarakat Kota Kendari dari bahaya akibat penggunaan bahan berbahaya yang sering disalahgunakan baik sebagai pengawet maupun pewarna  Kamis, 14/03/2024 Balai POM di Kendari turun melakukan pengawasan Takjil  dalam rangka intensifikasi pengawasan pangan bulan ramadhan  di 4 titik penjualan jajanan takjil di Kota Kendari yaitu Bundaran Mandonga, Bundaran  Pesawat Lepo-lepo, Pasar Anduonohu dan Sao-sao.  Intensifikasi pengawasan dilakukan terpadu antar fungsi di Balai POM di Kendari (Fungsi Pemeriksaan, Fungsi pengujian dan Fungsi Informasi dan komunikasi) serta melibatkan Dinas Kesehatan Kota Kendari, Dinas Perdagangan Kota Kendari dan Dinas Ketahanan Pangan Prov Sulawesi Tenggara. 

Intensifikasi  pengawasan dilakukan dengan melakukan sampling  jajanan buka puasa dari beberapa pedagang jajanan sesuai titik target oleh fungsi pemeriksaan  yang selanjutnya langsung diuji dengan menggunakan Test Kit Mobil Laboratorium Keliling  dengan parameter uji yang meliputi identifikasi formalin, Boraks, Rhodamin B dan methanyl yellow oleh bidang fungsi Pengujian. Sampel yang diuji terdiri dari kue lapis, kue dadar, risoles, bolu kukus, barongko, kue lumpur, onde-onde kelapa, es pisang ijo,  es campur, tahu isi, tempe goreng,  ikan kering balado dan olahan kue tradsional lainnya.

Dikesempatan intensifikasi pengawasan takjil juga dilakukan pemberian informasi dan edukasi oleh fungsi Layanan Informasi dan Komunikasi kepada pedagang tentang keamanan pangan, Tips menjual pangan yang aman, bagaimana pengolahan yang dilakukan harus dengan menerapkan prinsip keamanan pangan sehingga menghasilkan pangan yang aman, sehat dan bermutu. KIE dilakukan secara langsung kepada pedagang dan juga dilakukan pemberian informasi melalui leafleat seperti Kenali Jajanan Gorengan, Cegah Stunting, Gunakan Obat dengan Bijak dan Ingat CekKLIK. 

Selain itu Kepala Balai POM di Kendari Riyanto turut hadir dan sekaligus menyampaikan kepada pers Intensifikasi Pengawasan Pangan Terpadu di Bulan Ramadhan ini dilaksanakan bertujuan untuk memastikan makanan yang dikonsumsi oleh masyarakat saat berbuka puasa aman dari bahan atau zat berbahaya. Kepada masyarakat dihimbau untuk menjadi konsumen yang cerdas dan jika menemukan makanan atau produk obat dan makanan yang tidak memenuhi ketentuan untuk dapat disampaikan kepada BPOM di kendari baik secara langsung ataupun melalui online seperti lewat WA atau media social IG, Fb atau melalui kanal pengaduan di subsite bpom kendari.

Balai POM di kendari (HN)

Untuk Informasi Lebih Lanjut Bapak/ibu dapat menghubungi media layanan Balai POM di Kendari ; Website : bpomkendari.com ; Subsite : kendari.pom.go.id ; Whatshapp : 085298083714; Instagram : @bpom_di_kendari ; Facebook ; BPOMKendari ; Twitter : @bpomkendari, Emailinfokombpomkdi@gmail.com ; Kantor: Kompleks Perkantoran Bumi Praja Anduonohu Kendari Balai POM di Kendari

 

Sarana