Pastikan Pangan Aman, BPOM di Kendari Lakukan Uji Jajanan Takjil Melalui Mobil Laboratorium Keliling

18-03-2024 Umum Dilihat 106 kali

Pastikan Pangan Aman, BPOM di Kendari Lakukan Uji Jajanan Takjil Melalui Mobil Laboratorium Keliling

Ke Kota Kendari belinya es kolang kaling

Jangan lupa beli produk dalam negri

Balai POM di Kendari punya mobil lab keliling

Menguji takjil hingga ke pelosok negeri

 

Dalam rangka memberi jaminan keamanan dan mutu takjil selama bulan Ramadan,  BPOM Kendari kembali turun melakukan pengawasan takjil di area kuliner takjil di Kota Kendari. Pengawasan takjil yang dilaksanakan Senin, 18/03/2024  dalam rangka intensifikasi pengawasan Pangan selama Bulan Ramadhan bertujuan untuk memastikan jajanan takjil aman untuk dikomsumsi oleh masyarakat. Pengawasan takjil dilakukan di area jajanan kuliner area sekitar perkantoran Mall Pelayanan Publik Kota Kendari, pelataran Hotel Claro, Area The park dan daeran bundaran kantor Gubernur Anduonohu.

Petugas Balai POM melakukan sampling dan selanjutnya dilakukan pengujian langsung dengan menggunakan Tes Kit Mobil laboratorium yang terdiri dari uji Formalin, uji Boraks, uji Rhodamin B dan uji Methanil Yellow terhadap 30 sampel yang berasal dari para kuliner dalam kegiatan Bazaar Ramadhan yang diselenggarakan oleh PKK dan Dharma Wanita PersatuanProvinsi Sulawesi Tenggara bekerjasama  dengan Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Tenggara.

Kepala Balai POM di Kendari Riyanto turun langsung mendapingi tim Balai POM di Kendari. Turut hadir dalam pengawasan dan pengujian Bazaar Ramadhan  Ketua Darma Wanita persatuan Provinsi Sulawesi Tenggara , Dra. Wa Ode Munanah Asrun Lio serta Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sulawesi Tenggara, Ir. Ari Sismanto.

Dari hasil pengujian yang dilakukan terhadap 138 sampel yang disampling dan diuji yang terdiri dari 30 sampel dari Bazaar Ramadhan, 39 sampel dari Claro, 31 sampel dari The park dan 38 sampel dari Bundaran Gubernuran semua menunjukkan takjil jajajan memenuhi syarat atau aman dan tidak ditemukan formalin, boraks, rhodamin B dan methanol yellow. Kepada seluruh pelaku usaha jajanan dihimbau juga untuk melakukan proses pengolahan pangan dengan baik dengan memperhatikan hygine sanitasi.

Takjil Aman, Puasa nyaman

Balai POM di kendari (KA/HN)

Untuk Informasi Lebih Lanjut Bapak/ibu dapat menghubungi media layanan Balai POM di Kendari ; Website : bpomkendari.com ; Subsite : kendari.pom.go.id ; Whatshapp : 085298083714; Instagram : @bpom_di_kendari ; Facebook ; BPOMKendari ; Twitter : @bpomkendari, Emailinfokombpomkdi@gmail.com ; Kantor: Kompleks Perkantoran Bumi Praja Anduonohu Kendari Balai POM di Kendari

Sarana