Monev Program Nasional Intervensi Desa Pangan Aman, PJAS dan Pasar Aman dari Bahan Berbahaya Secara Terpadu Kab. Wakatobi

01-11-2023 Umum Dilihat 129 kali

Rabu, 02/11/2023 Balai POM di Kendari menyelenggarakan kegiatan Monitoring dan Evaluasi Program Nasional Desa Pangan Aman, PJAS dan Pasar Aman Dari bahan Berbahaya Berbasis Komunitas secara Terpadu yang dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kab. Wakatobi Nadar SIP,.M.Si. Kegiatan digelar di ruang rapat Setda yang dihadiri sejumlah 40 peserta dari Kepala OPD terkait, Camat, perwakilan desa, para Kader Desa dan para kepala sekolah. Monev program nasional Keamanan pangan terpadu bertujuan untuk memastikan program keamanan pangan telah dilaksanakan dengan melakukan evaluasi dan sekaligus dilakukan review kendala yang ditemuai serta menyusun rencana tindak lanjut.

Dalam sambutan Kepala BalaiPOM di Kendari yang disampaikan oleh Dra. Hasnah Nur,Apt.,MPH Ketua Tim KIE bahwa Program Prioritas Nasional Keamanan Pangan Terpadu yang terdiri dari intervensi Desa pangan aman, PJAS dan Pasar Aman dari bahan berbahaya berbasis komunitas  merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh Balai Besar/Balai POM yang bertujuan menggugah komunitas desa, komunitas pasar dan komunitas sekolah agar dapat berdaya, berpartisipasi dan mandiri dalam pembinaan dan pengawasan keamanan pangan di komunitasnya masing-masing. Selain itu kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan komitmen pemerintah daerah untuk mengawal keberlanjutan program pada desa, pasar dan sekolah yang telah diintervensi dan mereplikasi program tersebut.  

Sekretaris Daerah Kab. Wakatobi dalam menyampaikan sambutannya bahwa pemerintah menaruh perhatian besar dalam pembangunan dan pengembangan di bidang kesehatan, dan keamanan pangan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari keseharian manusia sehingga ini menjadi sangat penting. Selain itu salah satu tujuan pembangunan bahwa ketahanan pangan terpenuhi kekita aksesbaik fisik, sosial, dan ekonomi terhadap pangan yang cukup, Aman dan bergizi sesuai pilar peningkatan pengawasan Mutu dan keamanan penting sebagai bagian dari ketahanan pangan maka  sebagai daerah Kawasan Strategis Prioritas Nasional (KSPN) yang sedang bertumbuh dengan kondisi perekonomian kehadiran BPOM di Kendari menjadi mitra daerah yang sangat besar peranannya.

Hal ini juga senada yang disampaikan lebih lanjut oleh Hasnah Nur dengan peran aktif kita bersama dalam upaya peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang keamanan pangan akan memberi dampak positif dalam peningkatan derajat kesehatan yang dalam tujuan secara global  akan terbentuk generasi muda dan khususnya masyarakat Wakatobi yang sehat dan kuat dalam mendukung MERDEKA PANGAN di Kabupaten Wakatobi.

Pada kesempatan ini juga dilakukan penyerahan serifikat PJAS Aman kepada sekolah yang telah diintervensi dan telah berkomitmen menerpakan keamanan pangan dilingkungan sekolah serta telah memenuhi persyaratan penilaian sebagai sekolah PJAS Aman.(HN)

Balai POM di Kendari

Untuk Informasi Lebih Lanjut Bapak/ibu dapat menghubungi media layanan Balai POM di Kendari ; Website : bpomkendari.com ; Subsite : kendari.pom.go.id ; Whatshapp : 085174323714; Instagram : @bpom_di_kendari ; Facebook ; BPOMKendari ; Twitter : @bpomkendari, Emailinfokombpomkdi@gmail.com ; Kantor: Kompleks Perkantoran Bumi Praja Anduonohu Kendari Balai POM di Kendari

Sarana