BPOM Zero Net Carbon programme, BPOM di Kendari Tanam Mangrove di Kab. Wakatobi

01-11-2023 Umum Dilihat 158 kali

BPOM Zero Net Carbon programme, BPOM di Kendari Tanam Mangrove Di Kab. Wakatobi 

BPOM di Kendari Selasa, 31 Oktober 2023 melalui BPOM Zero Net Carbon programme melakukan penanaman mangrove serentak bersama seluruh UPT BPOM di Indonesia. Penanaman mangrove oleh BPOM di Kendari dilaksanakan di dua titik yaitu pesisir pantai Masjid Al Alam Kota Kendari sebanyak 850 pohon dan di daerah pesisir Dusun Melaione Desa Matahora Kecamatan Wangi Wangi Selatan Kab. Wakatobi sebanyak 600 pohon.  Adapun jenis tanaman mangrove yang ditanam beberapa diantaranya berasal dari jenis Rhizophora mucronate. 

Kegiatan penanaman mangrove yang dilakukan di kab wakatobi tepatnya di pantai dusun Melaione dilaksanakan oleh Balai POM di Kendari bersama Balai Taman Nasional Wakatobi yang juga dihadiri oleh Dinas Perindustrian dan perdagangan kab. Wakatobi, Aparat Desa Matahora bersama warga, Akademi Komunitas Kelautan dan Perikanan Wakatobi bersama mahasiswa dan mahasiswi. 

Dalam sambutan yang disampaikan oleh Hasnah Nur mewakili kepala Balai POM di Kendari Penanaman mangrove ini bentuk kepedulian Balai POM di kendari untuk turut serta dalam upaya pemulihan dan pelestarian lingkungan bertujuan untuk melindungi pesisir pantai dari abrasi dan mengembalikan habitat hutan mangrove yang ada di tanah air. Proses pelestarian tidak dilakukan hanya sebatas awal fase penanaman semata, tetapi harus dilakukan dan dilanjutkan dengan perawatan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Oleh kepala Balai Taman nasional Wakatobi menyampaikan apresiasi kepada BPOM di Kendari atas inisiatif dan kesertaannya dalam kepedulian pemulihan pelestarian alam melalui penanaman pohon mangrove. Manfaat mangrove secara ekologi dan secara ekonomis tentu saja sangat besar dan mempengaruhi ekosisten alam.

Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa Tanaman mangrove memiliki berbagai manfaat dan peran yang amat penting bagi keberlanjutan lingkungan dan biota laut.. Hutan mangrove diyakini bermanfaat menstabilkan garis pantai, mengurangi erosi dari gelombang badai, arus ombak dan pasang surut. Sistem akar mangrove yang rumit seperti jaring laba laba membuat hutan ini menarik bagi ikan dan organisme lain yang mencari makanan dan berlindung dari predator. Wilayah pesisir wakatobi yang sebagian berbatasan langsung dengan garis pantai yang cukup panjang  dan luas menjadi salah satu alasan mengapa Penanaman mangrove menjadi salah satu hal yang cukup signifikan.

Balai POM di Kendari dalam tugas dan fungsinya sebagai pengawas obat dan makanan selalu hadir hingga kepelosok negeri dan BPOM di Kendari memberi dukungan terhadap pemulihan Lingkungan dalam upaya konservasi lingkungan di daerah pesisir melalui penanaman mangrove. Balai POM di Kendari Hadir Melayani Dan Melindungi. (HN)

Balai POM di Kendari

Untuk Informasi Lebih Lanjut Bapak/ibu dapat menghubungi media layanan Balai POM di Kendari ; Website : bpomkendari.com ; Subsite : kendari.pom.go.id ; Whatshapp : 085174323714; Instagram : @bpom_di_kendari ; Facebook ; BPOMKendari ; Twitter : @bpomkendari, Emailinfokombpomkdi@gmail.com ; Kantor: Kompleks Perkantoran Bumi Praja Anduonohu Kendari Balai POM di Kendari

 

Sarana