BPOM Kendari Ber-KIE Obat dan Makanan Di Tengah Ngebuburit Takjil

19-03-2024 Umum Dilihat 48 kali

BPOM di Kendari Ber-KIE Obat dan Makanan Di Tengah Ngebuburit Takjil

Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) di Kendari menjelang, dan memasuki Bulan Suci Ramadhan telah melakukan pengawasan pangan dalam rangka pengawalan keamanan pangan bagi masyarakat dari peredaran pangan olahan yang tidak memenuhi ketentuan. Hal ini dilakukan untuk memastikan produk pangan yang beredar terjamin aman. Bentuk pengawasan yang dilakukan hingga hari kelima puasa ramadhan selain pemeriksaan pada sarana distribusi pangan olahan juga telah dilakukan pengawasan terhadap jajanan takjil.

Ramadan selalu menjadi waktu yang dinanti bagi seluruh masyarakat. terkhusus di Kota Lulo juga sangat antusias menyambut ramadan.  Salah satu yang biasa dilakukan ketika bulan Ramadan ialah berburu takjil untuk berbuka puasa sembari ngabuburit bersama keluarga atau sahabat. Kesempatan ini juga dimanfaatkan oleh Tim BPOM di Kendari fungsi Infokom untuk berbagi Informasi dan sekaligus melakukan edukasi secara langsung baik kepada pelaku usaha maupun dengan konsumen.

Dalam kegiatan Intensifikasi pengawasan takjil oleh BPOM di Kendari 18/03/2024 di area jajanan kuliner area sekitar perkantoran Mall Pelayanan Publik Kota Kendari, pelataran Hotel Claro, Area The park dan  bundaran kantor Gubernur Anduonohu selain dilakukan pengawasan melalui sampling dan pengujian, juga dilakukan KIE baik secara tentang keamanan pangan, memilih jajanan gorengan, Bahaya Boraks dan Formalin, Bahaya Rhodamin B dan Methanil yellow, sekaligus juga mengajak masyarakat lebih berhati-hati dan menjadi konsumen cerdas serta lebih proaktif dalam memilih pangan yang dibeli untuk menjaga kesehatan selama menjalankan ibadah puasa. Selalu ingat "Cek KLIK" (Kemasan, Label, Ijin Edar dan Kadaluwarsa) sebelum berbelanja.

Kepada masyarakat disampaikan jika terdapat hal hal yang meragukan atau membutuhkan  informasi tentang obat dan makanan dapat menghubungi Balai POM di Kendari baik datang langsung atau melalui media sosial. Kepada pelaku usaha diinformasikan tentang sertifikasi produk pangan olahan Rumah tangga yang pada kesempatan ini juga turut hadir dari dinas kesehatan kota menyampaikan informasi terkait registrasi pangan IRT.

Keamanan Pangan menjadi persyaratan yang harus dipenuhi di setiap mata rantai. Kita kenal ada tiga bahaya dalam pangan yaitun bahaya Fisik, Kimia dan Biologi, jelas lebih lanjut oleh narasumber. Dalam pangan jajanan siap saji atau jajanan takjil dalam hal ini yang terpenting adalah masalah hygine sanitasi. Selanjutnya kembali pastikan pangan aman dan ingat CekKLIK.

Balai POM di Kendari (HN)

Untuk Informasi Lebih Lanjut Bapak/ibu dapat menghubungi media layanan Balai POM di Kendari ; Website : bpomkendari.com ; Subsite : kendari.pom.go.id ; Whatshapp : 085174323714; Instagram : @bpom_di_kendari ; Facebook ; BPOMKendari ; Twitter : @bpomkendari, Emailinfokombpomkdi@gmail.com ; Kantor: Kompleks Perkantoran Bumi Praja Anduonohu Kendari Balai POM di Kendari

Sarana