BPOM di Kendari Laksanakan Pengawalan Keamanan Pangan Pasar Wawotobi Kabupaten Konawe

28-09-2023 Umum Dilihat 114 kali

Kab. Konawe - Balai POM di Kendari melaksanakan pengawalan keamanan pangan di Pasar Wawotobi Kabupaten Konawe. Kegiatan yang berlangsung pada tanggal 26 September 2023 ini bertujuan untuk memastikan penerapan keamanan pangan di pasar yang telah diintervensi oleh Balai POM di Kendari pada tahun 2021.

Pada kegiatan ini dilakukan sampling pada sejumlah pangan segar, pangan siap saji, kudapan, dan pangan olahan yang dipasarkan. Selanjutnya dilakukan pengujian kimia menggunakan kit rapid test bahan berbahaya formalin, boraks, rhodamine B dan kuning metanil. Selain itu dilakukan juga pengujian mikrobiologi untuk parameter E.coli dan Coliform untuk jenis sampel minuman.

Petugas pasar Wawotobi kembali dibekali materi keamanan pangan pasar antara lain 5 Kunci Keamanan Pangan di Ritel, NIE, Cek KLIK, dan penggunaan aplikasi BPOM Mobile. Dilakukan juga pemasangan poster bahaya penyalahgunaan formalin, boraks, rhodamine B dan kuning metanil pada pangan sehingga komunitas pasar waspada terhadap bahan berbahaya tersebut.

Diharapkan penerapan keamanan pangan Pasar Wawotobi dapat terlaksana secara berkelanjutan.  Petugas dapat melakukan pengawasan keamanan pangan pasar secara aktif. Komunitas pasar yaitu pedagang juga mampu menyediakan pangan yang aman, begitupula pembeli dapat memilih pangan yang aman. (RPF)

Balai POM di Kendari

 

Untuk Informasi Lebih Lanjut Bapak/ibu dapat menghubungi media layanan Balai POM di Kendari; Website : bpomkendari.com; Subsite : kendari.pom.go.id; Whatshapp : 085298083714; Instagram : @bpom_di_kendari; Facebook : BPOMKendari; Twitter : @bpomkendari; Email: infokombpomkdi@gmail.com ; Kantor: Kompleks Perkantoran Bumi Praja Anduonohu Kendari Balai POM di Kendari

Sarana