Balai POM di Kendari siapkan komunitas sekolah yang cerdas dalam memilih pangan jajanan yang aman

17-06-2023 Umum Dilihat 191 kali

Pada hari Jumat tanggal 16 Juni 2023, Balai POM di Kendari melaksanakan Sosialisasi Keamanan Pangan Jajanan Anak usia Sekolah (PJAS). Kegiatan yang diselenggarakan di Kantor Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Kendari ini dihadiri oleh 26 peserta yang terdiri dari guru dan siswa dari 12 sekolah di kota Kendari. Kegiatan dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman keamanan komunitas sekolah melalui pengenalan keamanan pangan.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Kendari, Ibu Hj. Saemina, S.Pd., M.Pd. Dalam sambutannya disampaikan bahwa pengelolaan jajanan di setiap sekolah penting dan menjadi tugas bersama bagi komunitas sekolah. Sekolah harus menyediakan kantin yang proporsional dan menaati kebijakan penyediaan pangan jajanan yang aman yang ditetapkan bersama di sekolah. Siswa juga perlu diberikan edukasi mengenai keamanan pangan melalui apel di sekolah sehingga siswa dapat memproteksi diri dari jajanan yang tidak aman dengan pemahaman dan pengetahuan yang diterima.

Dalam sosialisasi ini disampaikan beberapa materi oleh petugas Balai POM di Kendari. Materi antara lain Pengenalan Bahaya Keamanan Pangan, Tips Konsumsi Pangan Aman Dengan Memperhatikan Informasi Nilai Gizi, 5 Kunci Keamanan Memilih Pangan Aman dan Cek KLIK (cek Kemasan, Label, Izin edar dan Kedaluwarsa) serta Penggunaan aplikasi BPOM Mobile untuk membantu dalam mengecek izin edar pangan. Peserta antusias dalam mengikuti pemaparan materi dan aktif dalam diskusi.

Dengan terlaksananya kegiatan ini diharapkan peserta menjadi semakin memahami pentingnya menentukan pilihan jajanan yang aman untuk dikonsumsi dan dapat menyampaikan kembali informasi yang telah diterima secara berkelanjutan kepada rekan-rekannya. Dengan pangan jajanan yang sehat, bermutu dan bergizi dapat berdampak dalam mewujudkan  Sumber Daya Manusia yang berkualitas unggul. (RPF)

Balai POM di Kendari

Untuk Informasi Lebih Lanjut Bapak/ibu dapat menghubungi media layanan Balai POM di Kendari ; Website : bpomkendari.com ; Subsite : kendari.pom.go.id ; Whatshapp : 085298083714; Instagram : @bpom_di_kendari ; Facebook ; BPOMKendari ; Twitter : @bpomkendari, Emailinfokombpomkdi@gmail.com ; Kantor: Kompleks Perkantoran Bumi Praja Anduonohu Kendari Balai POM di Kendari

Sarana