Penyerahan Sertifikat Sekolah PJAS Aman Kab. Muna Barat
22 November 2022 16:42
Berita Aktual

PENYERAHAN SERTIFIKAT SEKOLAH PJAS AMAN

OLEH PJ.BUPATI KABUPATEN MUNA BARAT

 

Sertifikasi Pangan Jajanan Anak Sekolah  Aman merupakan proses pemberian sertifikat penghargaan kepada sekolah yang memiliki komitmen baik untuk mengimplementasikan program keamanan pangan melalui rencana aksi program keamanan PJAS dan memberdayakan kader keamanan pangan sekolah. Tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk mendorong pihak sekolah memenuhi persyaratan keamanan PJAS. Terkait hal tersebut, Balai POM di Kendari memberikan sertifikat PJAS kepada sekolah-sekolah di kabupaten Muna Barat yang diintervensi tahun 2022 dan telah berkomitmen menjamin keamanan PJAS di sekolahnya.

PJ Bupati Kabupaten Muna Barat, Dr. Bahri, S.STP, M.Si secara langsung memberikan sertifikat pemenuhan komitmen Pangan Jajanan Anak Usia Sekolah (PJAS) kepada 7 sekolah yang telah diintervensi oleh Balai POM di Kendari pada saat dilakukan apel gabungan pemerintah daerah kab. Muna Barat pada Senin, 21 November 2022 bertempat dilapangan upacara Pemerintah Daerah. Penyerahan sertifikat tersebut didampingi   Balai POM di Kendari yang diwakili  oleh Dra. Mirnawati Purba, Apt selaku PFM Ahli Madya beserta tim dan Sekretaris Daerah, Juga hadir para Asisten Pemda, para Kepala OPD, serta  peserta kegiatan sertifikasi keamanan PJAS di Kabupaten Muna Barat. Sekolah yang mendapat sertifikat adalah SDN 8 Barangka, SDN 7 Kusambi, SDN 5 Sariwegadi, SDN 10 Barangka, SMPN 2 Kusambi, SMAN 2 Kusambi, dan SDN 1 Lawa.

Dalam sambutannya, Bahri menyampaikan pentingnya pangan jajanan anak sekolah yang dijamin keamanan, mutu dan gizinya karena merupakan kebutuhan pokok manusia yang paling hakiki sehingga harus selalu dipenuhi. Peran PJAS aman ini tidak hanya menjadi kewajiban sekolah dan guru, orang tua siswa dan pemerintah terkait harus memiliki komitmen bersama juga dalam memenuhi keamanan pangan dan memberikan edukasi serta kebijakan pendukung program PJAS. Bahri juga mengungkapkan selamat kepada sekolah yang mendapatkan sertifikat  dengan berkomitmen  melakukan program keamanan panganjajanan anak usia sekolah  secara mandiri.

Setelah penyerahan sertifikat, dilanjutkan dengan pertemuan untuk pembahasan dan diskusi hasil monitoring dan evaluasi program PJAS di kabupaten Muna Barat tahun 2022 yang dihadiri oleh 17 peserta terdiri dari kepala sekolah yang telah menerima sertifikat, Dinas Kesehatan kabupaten Muna Barat, serta pejabat lintas sektor terkait. Pembahasan ini dimulai dengan pangan jajanan anak sekolah sehat oleh La Ode Mahajaya, S.E., M.Kes selaku Kepala Dinas Kesehatan Kab. Muna Barat dan dilanjutkan pemaparan hasil monitoring dan evaluasi kegiatan Keamanan PJAS oleh Mirnawati Purba dan pada penutupan oleh Asisten 2 yang mengharapkan keberlanjutan program PJAS sehingga semakin banyak sekolah-sekolah di Kab. Muna Barat yang terpapar  dan mengimplementasikan keamanan pangan di sekolahnya sehingga tercipta generasi yang sehat dan cerdas. Para peserta terlihat sangat antusias dengan banyaknya saran membangun yang disampaikan pada sesi diskusi ini. (lwm/mp)

Balai POM di Kendari

Untuk Informasi Lebih Lanjut Bapak/ibu dapat menghubungi media layanan Balai POM di Kendari ; Website: bpomkendari.com ; Subsite: kendari.pom.go.id ; Whatshapp: 085298083714; Instagram: @bpom_di_kendari ; Facebook; BPOMKendari ; Twitter: @bpomkendari Email: infokombpomkdi@gmail.com ; Kantor: Kompleks Perkantoran Bumi Praja Anduonohu Kendari Balai POM di Kendari