Perbaikan Secara Berkelanjutan, BPOM di Kendari Gelar Pertemuan Monitoring Dan Evaluasi Desa Pangan Aman
19 November 2022 11:17
Berita Aktual

Perbaikan Secara Berkelanjutan,  BPOM di Kendari Gelar Pertemuan Monitoring Dan Evaluasi  Desa Pangan Aman

Program Desa Pangan Aman merupakan program prioritas nasional yang diinisiasi oleh Badan POM bertujuan mewujudkan kemandirian masyarakat desa dalam menjamin keamanan pangan sampai pada tingkat perseorangan,   serta memperkuat perekonomian desa melalui pemberdayaan masyarakakat desa. Kegiatan desa pangan aman dilaksanakan secara bertahap, dan progres intervensi keamanan pangan desa di bulan November adalah di tahapan Monitoring dan evaluasi.

Monev gerakan desa pangan aman  digelar hybrid (luring dan daring ) di ruang pertemuan Hotel Horizon Kota Kendari Kamis, 17/11/2022 yang dibuka oleh Direktur  Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Pangan Olahan Badan POM RI Dra. Yunida Nugrahanti Sudarti,Apt.,MP   secara daring. Hadir secara luring 55 peserta yang terdiri kader desa dari Desa Bambaea, Desa  Lampopala, Desa  Lantari Jaya (Kab. Bombana), Desa Mekar jaya dan Parura Jaya (Kab. Muna Barat) dan Desa Pasir Putih dan Desa Lamoluo (kab. Konawe Kepulauan) intervensi Desa Pangan Aman tahun 2022, Desa Mataleuno dan Watuliwu (kab. Kolaka Utara),   Desa Lalowosula (Kab. Kolaka Timur), Kelurahan Watubangga dan Lalolara (Kota Kendari serta BPMD dari masing-masing kab intervensi. Turut hadir   sebagai peserta Asisten1 Bidang Pemerintahan Kab. Bombana,

Mengawali acara pembukaan Kepala Balai POM di Kendari  Drs. Yoseph Nahak Klau, Apt, M.Kes. menyampaikan sambutannya bahwa  keberlanjutan program desa pangan aman dapat dilakukan secara mandiri dengan meningkatkan jumlah kader, serta pemerintah kabupaten atau kota dapat mereplikasi di desa atau kelurahan lain. Peran serta pemerintah pusat, daerah, dan desa yang terlibat agar dapat mensukseskan bersama program ini disampaikan oleh  Direktur PMPU Pangan Olahan Dra. Yunida dalam sambutannya.  Monev perlu dilakukan karena  bertujuan untuk memastikan hal-hal yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik dan untuk mengetahui hasil serta dampak dari program tersebut.  Monitoring diperlukan untuk melakukan tindakan perbaikan agar pelaksanaan program pada tahun berikutnya dapat berjalan lebih baik. Sedangkan evaluasi dilakukan untuk mengetahui dampak dan/atau pencapaian target pelaksanaan program serta untuk melihat kelebihan dan kekurangan dari program tersebut.

Pemaparan materi Hasil  Program Nasional Desa Pangan Aman  oleh Kepala Balai POM di Kendari Drs. Yoseph nahak Klau,Apt dan Mekanisme Perencanaan Kegiatan Keamanan Pangan Menggunakan Dana Desa  oleh kepala Bappeda Provinsi Sulawesi Tenggara Johanes Robert, ST.,MT disampaikan secara panel dan di Moderatori Koordinator kelompok Substansi Infokom Dra. Hasnah Nur.,Apt.,MPH .

Dalam rangka memberi motivasi para kader desa Pangan aman, Balai POM di Kendari menghadirkan Pemenang Kader Keamanan Pangan Terbaik Nasional tahun 2021 Intervensi Desa Pangan Aman oleh BBPOM di Pekanbaru, Rahima, S.Pd. Di sesi ini Rahima, S.Pd berbagi kisah kiat-kiat  yang dilakukan untuk  meraih sukses dalam pelaksanaan kegiatan KP, juga bagaimana suka duka menghadapi hambatan/kendala serta solusinya. Penyusunan Program Mandiri Desa Pangan Aman Tahun 2023 dilakukan secara FGD  di damping oleh Penanggung Jawab kegiatan PFM Muda Syahriani Zain, S.Si.,Apt dan Korlap Desa Paman yang dilanjutkan dengan Penggunaan aplikasi Kegiatan Mandiri Desa Pangan Aman untuk memudahkan pihak desa melaporkan kegiatan keamanan pangan secara mandiri. (lwm/hn)

Balai POM di Kendari

Untuk Informasi Lebih Lanjut Bapak/ibu dapat menghubungi media layanan Balai POM di Kendari ; Website: bpomkendari.com ; Subsite: kendari.pom.go.id ; Whatshapp: 085298083714; Instagram: @bpom_di_kendari ; Facebook; BPOMKendari ; Twitter: @bpomkendari Email: infokombpomkdi@gmail.com ; Kantor: Kompleks Perkantoran Bumi Praja Anduonohu Kendari Balai POM di Kendari