Sebarkan Informasi Yang Tepat, Tingkatkan Pemahaman Masyarakat Tentang Obat dan Kosmetik
16 November 2022 20:59
Berita Aktual

Sebarkan Informasi Yang Tepat, Tingkatkan Pemahaman Masyarakat Tentang Obat dan Kosmetik  

Selasa, 15/11/2022, Balai POM di Kendari kembali melaksanakan kegiatan "Komunikasi, Informasi dan Edukasi Obat dan Makanan" bertempat di aula Kantor Kelurahan Butung-butung Kecamatan Katobu. Hadir 40 orang peserta yang terdiri dari OPD, Petugas kesehatan Puskesmas, Rumah sakit, Sarana pelayanan kefarmasian, tokoh masyarakat, PKK, dan masyarakat umum.

Acara dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muna Samudra Taufik, S.Gz. Dalam sambutan yang disampaikan bahwa kondisi saat ini kita sedang berada dalam keprihatinan terkait adanya korban  gangguan ginjal akut progresif atipikal pada anak di sejumlah provinsi dengan jumlah korban meninggal lebih dari 260 anak. Beberapa permasalahan terkait obat perlu kita waspadai. Kepada masyarakat melalui peserta yang hadir dalam kegiatan ini untuk lebih concern ketika mengalami gangguan kesehatan dengan segera mendatangi tempat dan mencari informasi yang tepat dalam upaya pengobatan.

Selain itu banyaknya produk kosmetik saat ini yang beredar tanpa izin edar atau kosmetik illegal, melalui KIE ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman masyarakat baik dalam pemilihan maupun penggunaan obat dan kosmetik setelah mendapatkan informasi terkait kosmetik illegal dan terkait kasus sirup yang mengandung EG/DEG.

Pada kegiatan ini disampaikan materi “Kenali dan Gunakan Obat Dengan Tepat” dan Pengawasan Badan POM terhadap sirup obat yang beredar di masyarakat oleh Ratna Palupi Fajarini, S.Farm., Apt dilanjutkan dengan materi  Kosmetik Ilegal dan Cek KLIK (Kemasan, Label, Ijin Edar dan Kadaluarsa)  oleh Isnaniah, S.TP. Disampaikan juga manfaat penggunaan aplikasi BPOM Mobile untuk  pengecekan izin edar produk, informasi dan berita terkait BPOM. Materi yang disampaikan menarik peserta untuk mengikuti kegiatan secara antusias.  Keaktifan peserta dalam menggali informasi juga terlihat dari pertanyaan – pertanyaan yang disampaikan dalam diskusi sehingga dapat menambah wawasan dan pengetahuan terkait materi yang disampaikan.

Setelah mengikuti kegiatan ini, diharapkan peserta semakin bijak dalam menyikapi kasus sirup dan senantiasa mengenali dan menggunakan obat dengan tepat,  cerdas dalam memilih dan menggunakan kosmetik yang aman sehingga tidak terjebak pada kosmetik illegal yang seringkali menyertakan iklan yang bombastis. Selanjutnya informasi yang telah diperoleh dapat diteruskan kepada rekan-rekan ataupun masyarakat secara umum sehingga informasi yang tepat tentang Obat dan Kosmetik  semakin luas di tengah masyarakat. (RPF/HN)

Balai POM di Kendari

Untuk Informasi Lebih Lanjut Bapak/ibu dapat menghubungi media layanan Balai POM di Kendari ; Website: bpomkendari.com ; Subsite: kendari.pom.go.id ; SP4N LAPOR : www.lapor.go.id ;  Whatshapp: 085298083714; Instagram: @bpom_di_kendari; Facebook; BPOMKendari; Twitter: @bpomkendari Email: infokombpomkdi@gmail.com ; Kantor: Kompleks Perkantoran Bumi Praja Anduonohu Kendari Balai POM di Kendari