Penghargaan Kepada Sekolah di Kabupaten Bombana oleh Balai POM di Kendari
16 November 2022 11:36
Berita Aktual

Penghargaan Kepada Sekolah di Kabupaten Bombana oleh Balai POM di Kendari

Intervensi keamanan Pangan Jajanan Anak Sekolah (PJAS) adalah salah satu proyek nasional dan bagian dari program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang telah dimulai semenjak tahun 2011. Sehubungan untuk mendukung program tersebut, Intervensi PJAS dilaksanakan melalui berbagai tahap kegiatan yang panjang demi tercapainya sekolah berpredikat PJAS aman. Predikat ini diperoleh melalui Sertifikasi yaitu proses pemberian sertifikat penghargaan kepada sekolah yang memiliki komitmen baik untuk mengimplementasikan program keamanan pangan melalui rencana aksi program keamanan PJAS dan memberdayakan Kader Keamanan Pangan Sekolah.

Sehubungan dengan hal itu, Balai POM di Kendari pada hari Selasa tanggal 15/11/2022, melaksanakan kegiatan Sertifikasi Keamanan Pangan Sekolah terhadap sekolah–sekolah yang telah dilakukan Intervensi Tahun 2022 di Kabupaten Bombana bertempat di Aula Kantor Bupati, yang dihadiri  lintas sektor terkait yaitu, Sekretaris Daerah, Bappeda, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Kesehatan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Agama, Dinas Lingkungan Hidup dan para kepala sekolah. Kegiatan ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Bombana Bapak Drs. Man Arfa, M.Si. yang dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa sangat mengapresiasi kegiatan PJAS ini karena bertujuan melindungi anak usia sekolah untuk mendapatkan makanan yang aman, sehat, serta bergizi untuk menciptakan SDM yang unggul dan sehat, serta beliau mengharapkan agar kegiatan intervensi keamanan PJAS ini dapat direplikasi oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Kesehatan Kabupaten Bombana. Sehingga seluruh sekolah di Kabupaten Bombana dapat terpapar informasi mengenai keamanan PJAS.

Selanjutnya dilakukan pemberian materi hasil monitoring kegiatan selama tahun 2022 oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan dan Balai POM di Kendari dan penyerahan sertifikat sekolah dengan PJAS Aman oleh Sekretaris Daerah kepada  sekolah sekolah yang berhasil mendapatkan Sertifikat yaitu SDN 08 Kasipute, SMPN 2 Rumbia, SMP 6 Rarowatu, SMPN 10 Poleang Selatan, S MTsN 2 Bombana, MAN 1 Bombana , SDN 27 Doule dan SDN 33 Kasipute.

Sangat diharapkan kegiatan intervensi Keamanan Pangan Jajanan anak usia  sekolah  dapat terus berlangsung secara mandiri dan mendapatkan dukungan penuh dari pemerintah daerah Kabupaten Bombana demi terciptanya generasi penerus bangsa yang kuat untuk menuju Indonesia Emas Tahun 2045.(IA/MP)

 

Balai POM di Kendari

Untuk Informasi Lebih Lanjut Bapak/ibu dapat menghubungi media layanan Balai POM di Kendari ; Website: bpomkendari.com ; Subsite: kendari.pom.go.id ; Whatshapp: 085298083714; Instagram: @bpom_di_kendari ; Facebook; BPOMKendari ; Twitter: @bpomkendari Email: infokombpomkdi@gmail.com ; Kantor: Kompleks Perkantoran Bumi Praja Anduonohu Kendari Balai POM di Kendari