Bimtek Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi Pelaku Usaha PIRT Kab. Kolaka Timur
20 Agustus 2021 21:16
Berita Aktual

Bimtek Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi Pelaku Usaha PIRT Kab. Kolaka Timur

Dinas Kesehatan Kab. Kolaka Timur melalui anggaran Dana Alokasi Khusus ( DAK ) Non Fisik  Kesehatan Tahun anggaran 2021 Pengawasan Obat dan Makanan, 18-19 Agustus 2021 melaksanakan kegiatan “Bimtek Penyuluhan Keamanan Pangan Bagi Pelaku Usaha Industri Rumat Tangga Pangan (PIRT), yang diikuti 53 peserta UMKM dan dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Pelayanan dan SDK Dinas Kesehatan Kab. Kolaka Timur Harun S.Kep.,M.Kesi. Dalam sambutan   yang disampaikan kepada pelaku usaha agar proses pengolahan dilakukan sesuai dengan aturan yang ada, memenuhi persyaratan terutama Hygine dan Sanitasi.  IRTP di Kab. Kolaka Timur harus bisa ikut meningkatkan taraf ekonomi, bersaing dengan Pelaku UMKM cukup banyak berkembang dan diharapkan para pelaku usaha terus mengupayakan untuk melakukan pengembangan melalui teknologi pangan, dan juga dapat menghasilkan produk berbasis sumber daya local daerah dengan menerapkan prinsip Keamanan Pangan. .

Bimtek Penyuluhan Keamanan Pangan bagi pelaku usaha UMKM ini dilaksanakan dalam rangka berbagi pengetahuan dan keterampilan tentang Keamanan Pangan bagi  pelaku Usaha yang nantinya akan mendapatkan Sertifikat sebagai persyaratan mengajukan Permohonan sertifikasi produk Pangan. PIRT UMKM terus dipacu apalagi ditengah pandemic Covid-19 beberapa bertumbuh melalui media online.

Hadir sebagai Narasumber Bimtek Keamanan Pangan  dari Balai POM di Kendari diwakili oleh Koordinator Kelompok Fungsi Substansi Informasi dan Komunikasi Hasnah Nur dan PFM Muda Syahriani Zain. Materi dipaparkan Keamanan Mutu Pangan, Peraturan Perundang-undangan tentang Pangan, Cara Produksi Pangan Olahan yang Baik (CPPOB), Bahan Tambahan Pangan, Label dan Kemasan Pangan, Teknologi Pangan,  Sanitation Standar Operation Procedure serta Pedoman Sertifikasi Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT)

Para pelaku usaha yang mengikuti kegiatan bimtek cukup antusias dan proaktif memberi pertanyaan serta berkonsultasi terkait produknya. Dikesempatan ini juga selain CekKLIK, BPOM Mobile dan Cek BPOM disampaikan kepada peserta juga disampaikan untuk informasi informasi yang dibutuhkan terkait obat dan makanan dapat diakses seperti informasi BTP melalui aplikasi cek BTP, imelalui Medsos Badan POM dan Medsos Balai POM di Kendari. Tak lupa juga disampaikan informasi terkain Covid-19 dan mengajak para peserta untuk ikut mensukseskan Vaksinasi.

Balai POM di Kendari