KIE Keamanan Pangan Hadir Di Tengah Pandemi Covid-19 di Kab. Kolaka
24 Juli 2021 07:02
Berita Aktual

KIE Keamanan Pangan Hadir Di Tengah Pandemi Covid-19 di Kab. Kolaka

Kamis, 22/07/2021 Balai POM di Kendari Hadir sebagai Narasumber secara Virtual dalam kegiatan KIE Keamanan Pangan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kab. Kolaka dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Kegiatan KIE Keamanan Pangan dibuka langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Drs. Harun Masiri,Apt.,M.Kes di Hotel Sutan Raja dan dihadiri 112 orang peserta yang berasal dari berbagai OPD, persatuan dan perhimpunan mahasiswa, pelaku usaha, Saka Pramuka, Dharma wanita, PKK, Tokoh Masyarakat, dan Tokoh Agama.

Harun Massiri dalam sambutannya menyampaikan ditengah masivnya peningkatan kasus keterpaparan virus Covid-19, diminta kepada seluruh peserta untuk mematuhi protokol kesehatan. Selain itu juga disampaikan betapa pentingnya asupan pangan yang dikomsumsi untuk kebutuhan kesehatan kita. Melalui KIE Pemberdayaan masyarakat ini diharapkan adanya peningkatan kesardaran dan kepedulian kita semua terhadap keamanan pangan apalagi dalam situasi pandemi covid-19. Lebih lanjut Kepala Dinas Kesehatan mengapresiasi Balai POM di Kendari dengan upaya yang dilakukan dalam memenuhi permintaan daerah guna pembinaan dan pengawasan obat dan makanan. Dengan keterbatasan gerak dan aktifitas, Balai POM di Kendari tetap hadir bersama masyarakat melakukan KIE secara Virtual.

Hadir mewakili Balai POM di Kendari sebagai narasumber Hasnah Nur Koordinator Kelompok Subfungsi Informasi dan Komunikasi menyampaikan materi “Keamanan Pangan Dimasa Pandemi Covid-19“. Keamanan pangan merupakan salah satu isu yang berkembang di masyarakat. Keamanan pangan diselenggarakan untuk menjaga pangan tetap aman, higienis, bermutu dan tidak bertentangan dengan agama, keyakinan dan budaya masyarakat.

Pangan merupakan salah satu komoditi yang strategis dan bernilai ekonomi bagi masyarakat karena ketersediaannya sangat penting untuk mewujudkan identitas, komunitas dan masyarakat Indonesia yang sehat dan berdaya saing. Selain itu, pangan juga merupakan hak asasi setiap masyarakat Indonesia yang harus dipenuhi setiap harinya. Ketersediaan pangan yang beraneka ragam dan memenuhi persyaratan keamanan,  mutu  dan  gizi  bagi  masyarakat. Keamanan pangan merupakan hal bagian yang terpenting untuk disampaikan dan diketahui oleh seluruh lapisan masyarakat dan penanganannya harus bersifat multisektoral. Kepada peserta disharing Tips Keamanan pangan dimasa pandemi seperti meningkatkan daya tahan tubuh, pemenuhan gizi dan keamanan pangan, tips Belanja Online dengan CekKLIK, Tips Keamanan Pangan Jajanan Tradisional, Tips Keamanan Pangan Belanja di Ritel. Peserta cukup aktif dalam diskusi dan sharing informasi, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan cegah Covid-19. Diakhir sesi peserta diajak kembali ber cekKLIK Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kedaluarsa. Pangan Aman menuju Indonesia Sehat. Indonesia Sehat, Indonesia Semangat.... Indonesia Bisa Cegah Covid-19.

Balai POM di Kendari (HN)