Wujudkan Pasar Aman dan Sehat, Pasar Mowewe Kab. Kolaka Timur Siap di Revitalisasi
8 Juli 2021 13:52
Berita Aktual

Wujudkan Pasar Aman dan Sehat, Pasar Mowewe Kab. Kolaka Timur Siap di Revitalisasi

Untuk mewujudkan keamanan pangan, Badan POM menerapkan sistem pengawasan 3 pilar yaitu pemerintah, pelaku usaha dan masyarakat.  Salah satu bentuk  pengawasan yang dilakukan Badan POM selaku pemerintah adalah  pengawasan berbasis masyarakat  yang dilakukan melalui program pasar aman dari bahan berbahaya. Hal ini bertujuan untuk mereduksi peredaran dan  penggunaan bahan berbahaya seperti formalin, boraks, pewarna rodamin B dan pewarna kuning metanil yang masih sering disalahgunakan di pasar tradisional dalam mengolah pangan dan pangan olahan.

Rabu, 07 Juli 2021 Balai POM di Kendari melaksanakan kegiatan penyuluhan pasar dalam rangka pasar aman berbasis komunitas di pasar Mowewe, Kabupaten Kolaka Timur. Kegiatan dilaksanakan dengan penerapan Protokol Kesehatan, di buka oleh Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kab. Kolaka Timur  Husen Nurdin, SE, yang dalam sambutannya mengapresiasi kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian pemerintah untuk melindungi masyarakat dari bahan berbahaya dan berharap agar pasar Mowewe menjadi pasar yang sehat dan higienis, hal ini sejalan dengan program pemerintah daerah Kab. Kolaka Timur yang akan merevitalisasi pasar Mowewe di pertengahan  Tahun 2021. Kegiatan ini  dirangkaikan dengan pemberian paket rapid  tes Kit oleh Balai POM di Kendari  untuk pengujian bahan berbahaya seperti formalin, boraks, pewarna  kuning metanil dan pewarna rodamin B kepada pengelola pasar mowewe melalui Kepala Bidang Perdagangan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kab. Kolaka Timur yang disaksikan oleh 40 peserta yang berasal dari komunitas pedagang pasar, Babinsa dan pengelola pasar  Mowewe, yang sehari sebelumnya selasa 06 Juli 2021 telah dilakukan bimtek kepada petugas pasar penggunaan Test Kit  uji Bahan Berbahaya yang sering disalahgunakan dalam pangan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Narasumber I  Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM Kab. Kolaka Timur Bapak Husen Nurdin, SE  tentang Undang-undang No. 8 Tahun 1999 terkait perlindungan konsumen, yang kemudian dilanjutkan dengan narasumber II, Dinas Kesehatan Kab. Kolaka Timur  Ibu Angela Lora, S.Si, Apt terkait Pasar Sehat  dan narasumeber III dari  Balai Pengawas Obat dan Makanan di Kendari Ibu Dra. Hasnah Nur, Apt, MPH.tentang pengawasan pangan mengandung bahan berbahaya di pasar tradisional. Kepada peserta juga disampaikan bagaimana mengenali produk pangan olahan dalam kemasan baik  yang terdaftar sebagai MD maupun Pangan Olahan PIRT, serta Bahan Tambahan pangan misal Pewarna  harus terdaftar dengan Reg MD. Peserta diajak untuk bercekKLIK, Cek Kemasan, Cek Label, Cek Izin Edar dan Cek Kedaluarsanya. 

Kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk menyebarkan informasi dan meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan kepedulian komunitas pasar khususnya pedagang pasar agar tidak menjual dan menggunakan bahan berbahaya yang dilarang dan meningkatkan tanggung jawab para pedagang untuk mewujudkan pasar yang aman dan sehat.

Narasi : Dewi Amni Idrus

 

Balai POM di Kendari