Intensifikasi Pengawasan Keamanan Pangan dan Pelaksanaan Inovasi SIPINTAR di Kabupaten Wakatobi

18-09-2023 Umum Dilihat 162 kali

Wakatobi - Balai POM di Kendari melaksanakan kegiatan intensifikasi pengawasan keamanan pangan dan pelaksanaan Inovasi “SIPINTAR” di Desa Liya Mawi dan Mola Utara, Kabupaten Wakatobi pada tanggal 15 -16 September 2023. Tujuan kegiatan yang dilaksanakan di  Kabupaten yang merupakan cagar alam dunia biosfer laut ini adalah untuk memastikan praktek  keamanan pangan telah diterapkan dan membantu pelaku usaha  dalam proses penerbitan izin edar PIRT di desa target intervensi tahun 2023 ini.

Petugas Balai POM di Kendari melakukan evaluasi terhadap  laporan fasilitasi keamanan pangan yang dilakukan kader desa terhadap komunitas yang mereka dampingi. Selain itu dilakukan sampling dan pengujian pangan dari komunitas binaan, dengan mengggunakan kit rapid test formalin, boraks, rhodamine B dan kuning metanil. Dari hasil pengujian terhadap 26 sampel, tidak ditemukan adanya penyalahgunaan keempat bahan berbahaya pada pangan.

Penyelenggaraan kegiatan ini juga untuk memfasilitasi pelaku usaha yang hendak mengajukan pendaftaran izin edar pangan industri rumah tangga melalui Inovasi ‘SIPINTAR”(Sertifikasi Izin P-IRT Sehari). Bersama Dinas Kesehatan dan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kabupaten Wakatobi,  Balai POM di Kendari melayani pelaku usaha dalam proses pendaftaran produk pangan olahannya dari pengecekan persyaratan, pengajuan NIB melalui OSS, dan  pembuatan/pengecekan desain label hingga pelaku usaha berhasil mendapatkan izin edar bagi produknya. 

Diharapkan melalui kegiatan intervensi keamanan pangan di Kabupaten Wakatobi ini, dapat semakin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mewujudkan keamanan pangan di lingkungannya. Masyarakat dapat  mengimplementasikan keamanan pangan dari menyiapkan, mengolah maupun mengedarkan pangan yang aman dan bermutu sehingga tercipta masyarakat  yang sehat dan sejahtera.(RPF)

Sarana