Bimtek Kader Keamanan Pangan Nasional Wujudkan Jiwa Dan Bangsa Yang Sehat

19-06-2023 Umum Dilihat 476 kali

Bimtek Kader Keamanan Pangan Nasional Wujudkan Jiwa Dan Bangsa Yang Sehat 

Upaya meningkatkan pengetahuan, pemahaman  dan kemampuan masyarakat terhadap keamanan pangan, bahaya dan resiko pangan yang tidak memenuhi persyaratan keamanan pangan, Balai pengawas Obat dan Makanan di Kendari bersama Direktorat pemberdayaan Masyarakat Dan pelaku Usaha Pangan Olahan Badan POM RI menggelar Bimbingan Teknis Kader Keamanan Pangan Nasional yang diikuti peserta 70 orang dari unsur organisasi seperti Kwarda Pramuka Sultra, Kwarcab Kota Kendari, Tim Penggerak PKK, Dharma Wanita, Ikatan Apoteker Indonesia Sultra, Persatuan Ahli Farmasi Indonesia Sultra, Aisyiyah, Nasyiyatul Aisyiyah, Muslimat, Fathayat NU, persatuan Wanita muslimah (salimah) dan Ikatan pengusaha  wanita muslimah Indonesia, BKOW .

Bimtek Kader Keamanan Pangan Nasional ini dibuka oleh Kepala Balai POM di Kendari Riyanto, S.Farm.,Apt.,M.Sc 14/06/2023 yang berlangsung selama 2 hari 14-15 Juni 2023 bertempat di Hotel Claro Kota Kendari. Bahwa sesuai Misi Badan POM salah satu diantaranya “Membangun SDM unggul terkait Obat dan Makanan dengan mengembangkan kemitraan bersama seluruh komponen bangsa dalam rangka peningkatan kualitas manusia Indonesia”, BPOM di Kendari secara berkesinambungan melaksanakan KIE dalam rangka Pemberdayaan masyarakat sebagai bentuk kemitraan dalam melaksanakan pengawasan obat dan makanan. Kegiatan ini merupakan upaya prefentif untuk mencegah masyarakat dalam menggunakan atau mengonsumsi pangan yang tidak aman melalui peningkatan pengetahuan dan pemahaman tentang keamanan pangan, ungkap Riyanto Kepala Balai POM di Kendari dalam sambutan pembukaannya.

Hadir sebagai Narasumber dari pusat Tim  Direktorat PMPUPO dan Balai POM di Kendari yang diwakili oleh ketua TIM KIE dan Ketua Tim Program Desa Pangan Aman. Hari pertama Bimtek diisi dengan pemaparan materi kebijakan Keamanan Pangan dan Germasapa, Profil Balai Besar POM di Kendari, 5 Kunci Keamanan Pangan Keluarga, Cek Klik, Pemanfaatan Aplikasi Media Sosial. Selain itu juga dihadirkan game melalui Kuiz yang berisi soal soal keamanan pangan yang telah dipaparkan.

Pada hari kedua, pemaparan materi simulasi serta petunjuk teknis Bimtek Keamanan Pangan Nasional dilanjutkan microteaching dimana peserta melakukan latihan penyampaian materi serta teknik menulis dan mendesain konten di media sosial yang dibawakan oleh Narasumber eksternal. Peserta cukup antusias mengikuti materi dan secara umum peserta dapat menerima dan memahami materi yang disampaikan. Diskusi langsung berjalan dengan baik, lancar dan proaktif. Kepada peserta diminta untuk komitmen dalam melaksanakan tugas yang diemban sebagai kader keamanan pangan nasional. Pangan aman makanan bergizi, kita semua sehat Indonesia Sehat.(HN)

Balai POM di Kendari 

Untuk Informasi Lebih Lanjut Bapak/ibu dapat menghubungi media layanan Balai POM di Kendari ; Website : bpomkendari.com ; Subsite : kendari.pom.go.id ; Whatshapp : 085174323714; Instagram : @bpom_di_kendari ; Facebook ; BPOMKendari ; Twitter : @bpomkendari, Emailinfokombpomkdi@gmail.com ; Kantor: Kompleks Perkantoran Bumi Praja Anduonohu Kendari Balai POM di Kendari

Sarana